Mengenai Mencapai Ilmu

Ilmu iku kelakone kanthi laku, sebab yen tanpa laku mokal ketemu
(ilmu akan dicapai melalui tindakan/perbuatan, jika tanpa itu maka niscaya akan tercapai)
inti hikmat meditasi

Mengenai tentang tinggi hati dan hal yang diseputarnya
Setiap sikap yang bersumber dari tinggi hati dan dengki, egoisme malah akan membuat kehidupan manusia itu menjadi bertambah buruk, juga akan membangun tembok negatif bagi dirinya dan orang sekitarnya serta jelas hal hal seperti itu harus kita tanggalkan dan mulai berlatih menjadi manusia berjiwa besar, bertata krama dan ber empati tinggi.
Sebab jika seorang manusia mempertahankan sikap sikap buruk diatas maka ia akan jauh dari kedamaian, kenikmatan terlebih rasa syukur dan membuat seseorang menjadi selalu haus dan lapar pada kenikmatan duniawi dan pemuasan ego yang semu.

Selain itu disisi tak kasat matanya adalah dimana perasaan perasaan negatif hanya akan menambahkan energi buruk (negatif) yang menggerogoti energi baik (positif) manusia yang akan membuat seseorang menjadi rentan pada hal hal tak kasat mata yang buruk disekitarnya.

Mengenai pengendalian diri
Dalam kehidupan ini, setiap interaksi dengan orang lain tentunya dilandasi dnegan norma norma dan tatanan tatanan sosial maupun tatanan dalam agama dan tatanan yang paling dasar yaitu tatanan budi pekerti.
Semenjak dahulu kala telah ditanamkan bahwa manusia akan emndapatkan balasan atas apa yang telah diperbuatnya kepada diri sediri maupun orang lain dan lingkungan sekitar, sebab kehidupan tidak hanya satu kali dan sangat disayangkan jika kita berbuat semena mena pada kehidupan sekarang dan menuai hail pada kehidupan berikutnya (/alam lain) dan tentunya itu adalah misteri terbesar kehidupan yang diciptakanNya.

#1

Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 205 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*