Siluman penebar angkara

Hey Ho Lets GO!
tempat-tinggal-danyangHallo lagi, pertama tama saya meminta maklum dan maafnya dahulu jika ada pemahaman yang berbeda dengan apa yang saya tulis dan anggap saja ini sebuah warna warna dunia supranatural nusantara dan semoga berkenan sebab tidak ada maksud untuk memojokan pemahaman yang kebetulan berseberangan, kali ini saya pengen nulis tentang siapa yang bertanggung jawab ketika ada sebuah daerah resah dan bisa bisa juga dikenai penyakit yang datangnya dari gaib karena lupa memberi sesajen dan puja puji kepada mahluk tertentu, nantinya juga ada kisah nyata.
Pertama tama akan saya tulis ulang teori dan pengetahuan para leluhur jawa dahulu bahwa setiap daerah, setiap batu batu besar dan setiap hutan, sungai dan bagian alam ini dijaga oleh mahluk mahluk ciptaaNya yang ditugaskan menjaga keseimbangan alam tempat ia tinggal, mereka ini biasa disebut dahnyang, danyang atau apa sebuatanya ditempat kalian dan danyang ini sendiri tidak akan mengganggu manusia atau meminta sesajen dan puja puji.

Sesajen pada dasarnya dibuat dan diasung/ditujukan kepada Hyang Akaryo Jagat (Yang Maha Esa) dan bukan ditujukan pada danyang danyang penjaga alam, nah bagaimana danyang menjaga alam jika tidak diberi sesajen apapun itu saya tidak tau dengan pasti karna saya bukan danyang :D, kita tentunya sering mendengar ada sebuah perusahaan misal mau membangun pabrik dan tanpa ijin atau syukuran atau doa doa kepada Yang Maha Kuasa dahulu dan bersinergi dengan alam tiba tiba ada saja kejadian diluar nalar dan acap kali membawa korban luka atau nyawa.
Dikatakan itulah cara kerja danyang, mereka memberi hukuman bagi manusia yang merusak alam atau menggunakan alam secara semena mena tanpa rasa syukur dan meminta ijin kepada empuNya alam, dan biasanya setelah diadakan doa bersama atau membawa pemuka agama maka masalah akan segera reda, dan kadang ada juga kepercayaan yang memberi rasa sykur kedua kepada danyang tersebut setelah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
siluman-peliharaan-danyangDanyang sendiri kadang mempunyai peliharan berwujud siluman siluman tertentu bisa berwujud binatang atau mahluk mahluk astral/gaib yang setiap saat bisa berkunjung ke dunia manusia dan inilah yang kadang jadi pihak pihak yang mengatasnamakan danyang tersebut untuk meminta sesajen tertentu dan jika tidak diberi akan menyebarkan wabah penyakit atau teror teror berbagai jenis.
Dan teror tersebut baru akan reda ketika sesajen atau puja puji ditujukan secara khusus kepada siluman tersebut dan tidak lain tidak bukan yang menyamar sebagai danyang penjaga daerah tertentu tersebut, dan ini sangat banyak ditemui dan bahkan kadang bukan hanya siluman tapi jin atau lelembut lelmbut yang berada liar dan memanfaatkan ketakutan manusia tersebut demi mendapatkan puja puji dan sesajen yang disalah tujuankan oleh siluman tersebut.
*saya tidak secara detail membahas apa itu danyang dan apa itu siluman dalam tulisan sekarang jadi tunggu saja pasti akan saya tulis definisi mereka itu bagaimana.
Suatu ketika saya disebuah kabupaten Z tepatnya daerah X, disana saya kebetulan diminta untuk mensketsa penunggu gaib daerah tersebut yang ditengarai situs purbakala jaman kerajaan tertentu dan saya sanggupilah permintaan itu sekalian saya pengen tau ada apa saja yang menaungi daerah tersebut.
Sret sret sret saya mensketsa beberapa wujud namun yang jelas penguasanya adalah sosok tinggi besar hitam dan berkulit serupa banteng tebal dan menggelambir juga ada wanita berkebaya dan membawa bokor perak, lalu sketsa saya serahkan kepada juru kuncinya yang seketika terbengong bengong dan bilang “iya betul mas yang ini, dua ini memang penunggunya *desa X” lalu beliau bercerita tentang acara tahunan tersebut dalam memberika sesajen sepotong kepala kerbau agar terhindar dari mara bahaya dan kini jadi acara pasti meski banyak yang tidak tahu maksudnya.

Lalu secara detail beliau bercerita bahwa pada masa tertentu daerah tersebut mendapati bencana atau wabah dan kesialan dan salah seorang penduduk yang dituakan desa tersebut mendapat petunjuk harus memberikan sesaji kepala kerbau dan dengan ritual tertentu, ritual itu sendiri diceritakan bahwa kerbau yang dipotong tersebut harus berada disebuah jalan perempatan tertentu *tempat tinggal siluman itu saya kira (tengah tengahnya kalau ndak salah ingat) jadi darahnya dibuatkan lubang juga agar tidak kemana mana dan harus ditutup bersama kepalanya yang katanya juga dibaca bacain doa doa tertentu dahulu.
Dan sebelum itupun ada upacara upacara lainya untuk menyajikan kerbau tersebut agar tidak terjadi malapetaka dari yang gaib, saya lalu terdiam dan sangat sulit untuk memberikan pandangan saya tentang kasus ini bahwa mereka telah ditpu oleh siluman yang saya sketsa tadi.

Saya hanya memberitahu pada teman yang sering main kesitu namun dia juga angkat tangan karena itu sudah jadi tradisi turun temurun dan jelas jenis siluman yang sudah kuat seperti itu tidak bisa diusir dengan dimasukin kedalam botol atau dilempar teriakan teriakan seperti yang kita lihat dimedia media cetak dan televisi serta online biasanya.
Sampai sekarang saya hanya berharap diberikan kebaikan dan semoga siluman tersebut lekas lekas ketahuan atau pergi dengan sendirinya, nah pertanyaanya dimanakah danyangnya yang dijadikan korban pengakuan siluman tersebut kenapa cuma diam saja?

Danyang pasif kecuali jika alam yang dirusak dan cara kerjanya pun tidak bisa diketahui secara pasti dan saya ndak tau pastinya dan seklai lagi karena saya bukan danyang meskipun manusia akan abadi daripada danyang itu sendiri nantinya dan menunggui alam semesta yang sangat luas ini entah disebelah mananya.
Dan ketika siluman sudah menipu manusia maka apakah siluman itu bersalah?.. tentu saja bersalah namun manusia juga bersalah karena mudah terperdaya dan tidak belajar dan bertanya tentang apa maksud dari sesajen tersebut kepada orang yang lebih paham dan itulah secuil cerita yang nyata ada disekitar kita hidup.
*suatu saat akans aya bahas juga tentang makna sesajen dan tujuan sesajen pada awalnya

Akhir kata saya ucapkan terimakasih sudah bereknan membaca tulisan saya ini dan jika ada salah salah kata dan epmahaman yang kurang mohon maklum dan maafnya, jika ada pertanyaan seputar supranatural dan spiritual bisa ditanyakan via email jalakpaningal@gmail.com dan tidak melayani pertanyaan seputar memaksakan kehendak atau menyerang pihak lain.
mataketiga-sketsa-gaibRahayu
jalak paningal

Advertisements

3 thoughts on “Siluman penebar angkara

    • nilai 1-10 itu menyimbolkan aktif dan dekatnya mahluk dengan manusianya jadi bukan ukuran kekuatan, kalau kekuatan itu relatif tergantung yang menilai.. nah kalau danyangs endiri pastinya aktif dan kekuatanya juga nggak main main 🙂

      Like

  1. Pingback: Menebang pohon angker | mata ketiga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s