Mitologi hantu pulau jawa, setelah kemarin mengulas nama nama nama hantu jawa bagian 1 maka kali ini akan dilanjutkan pada bagian 2, dimana tetap bersumber dari buku sejarah mistik yang sama.

Kali ini akan mengenalkan 10 hantu dari mitologi pulau jawa yang kuno, mungkin banyak yang tidak kita ketahui karena sudah tidak banyak yang bercerita lagi.

Atau malah sudah tergantikan oleh sosok sosok hantu urban semacam nenek gayung, kakek cangkul atau hantu hantu yang lahir dari dunia perfilman horor Indonesia.

10 Nama mitologi hantu pulau jawa

Mitologi hantu pulau jawa

Mitologi hantu pulau jawa

Majusi

Majusi adalah perwujudan dari sifat manusia dengan cara inkarnasi sementara dalam tubuh manusia yang dicobanya dan akibatnya orang yang dicoba tadi akan mengalami gangguan kepribadian dan menjadi sosok yang lain dan bisa sangat buruk.

Adalah bayangan roh yang menjelma, menitis atau mengambil bentuk manusia karena ingin hidup di alam manusia, kadang ada yang mengartikan penitisan sifat dari orang meninggal.

Bontot

Bontot adalah memedi berpakaian jubah orang meninggal dan akan mengitari jalan jalan sunyi, tidur telentang di jalan dan ketika ada orang lewat akan tersandung dan celaka hingga bisa tiba tiba sakit.

Bahkan kadang masuk kerumah rumah dan membangunkan orang tidur , dengan menggoyang goyangnya dan bisa juga menghisap habis isi telor ayam, meski begitu memedi bontot tidak begitu ditakuti.

Banaspati

Banaspati adalah sosok mengerikan berwujud raksasa buas dengan cara berjalan terbalik, berjalan menggunakan tangan dan kaki diatas serta melompat lompat dengan cepat.

Mulutnya akan terus mengunyah dan menelan atau menangkap apa saja yang dijumpainya, banaspati akan melompat menerkam mangsanya dengan menekan bahu korban untuk dihisap darahnya

Jika sudah berhasil dihisap bisanya korban akan menderita sakit hingga berakibat kematian, karena itu sangat ditakuti bahkan hingga sekarang walaupun sudah jarang dikenal.

Setan usus

Setan usus menampakan diri sebagai gumpalan usus manusia yang bergerak tak beraturan, kadang menampakan diri sebagai sesosok raksasa yang terluka hingga ususnya terburai.

Usus usus tadi dikatakan bisa menerkam dan mencekik manusia atau binatang yang dijumpainya, hingga membuat korban menjadi sakit ringan hingga sakit keras.

Jerangkong

Jerangkong adalah memedi yang biasanya berwujud anjing hitam kurus dengan bulu putih kasar dibagian kepalanya, memedi ini tidak begitu berbahaya namun bersifat mengganggu.

Dikarenakan kesenanganya menggoda dan menghadirkan kesedihan manusia dengan segala cara, semisal menabur pasir di manakanan, minuman dan dalam panci panci.

Bisa juga dengan menampakan diri secara mendadak dihadapan seseorang dan membuat kaget, menjadikan korban menjadi sakit dan ketakutan.

Antu darat

Antu darat bertempat tinggal di pohon pohon tua besar biasanya berwujud sebagai orang tua berpakaian bagus, dengan cara membuat yang menjumpainya terkejut lalu sakit keras dalam waktu yang lama.

Mitologi hantu pulau jawa

Mitologi hantu pulau jawa

Antu laut

Antu laut memedi yang sangat ditakuti oleh para pelaut dan nelayan karena dianggap selalu mendatangkan musibah, cuaca buruk, memedi ini menampakkan diri sebagai bola api.

Kadangkala juga menyerupai bintang yang menyala dan jatuh diujung tiang kapal, jika antu laut datang maka dipastikan akan membawa cuaca buruk dan musibah.

Kemamang

Kemamang berwujud serupa antu laut yaitu sebagai bola api yang besar yang menyala dan meredup silih berganti seringnya muncul pada waktu malam hari, tempat favoritnya adalah rawa rawa atau lapangan terbuka, orang yang bertemu kemamang biasanya akan jatuh sakit secara tiba tiba.

Den bisu

Den bisu atau setan bisu menurut orang jawa pada jaman dahulu adalah penjelmaan dari wabah atau penyakit kolera, dimana seseorang bertemu dengan den bisu maka orang tadi akan mengalami sakit perut parah.

Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 1
Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 2

Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 3
Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 4 (finis)

Sekian artikel ini ditulis sebagai penambah wawasan tentang mitologi yang hampir terlupakan, tergusur oleh cerita hantu hantu urban dan tidak ada yang menceritakan lagi secara detail.

Kedepan mata ketiga akan mencoba menggambarkan ke 40 hantu tersebut secara digital, semoga diberi waktu dan kelancaran dalam memvisualkan dalam website mataketiga.com