Nama nama hantu tanah jawa 3

Nama nama hantu tanah jawa

nyai-blorong

Mataketiga | Hallo mas mas dan mbak semua kini tiba saatnya lanjutan dari 40 nama nama hantu kuno pulau jawa akan dilanjutkan ke daftar 20-30 setelah kemaren sudah pada bagian nama nama hantu jawa bag 1 dan nama nama hantu jawa bag 2, tentunya setelah membaca 2 artikel itu kita bisa saja terbayang seperti apa macam hantu hantu yang tercatat oleh sejarah kuno meksipun tidak semua dan itu saja masih di pulau jawa belum yang diluar jawa sendiri atau bahkan dalam pulau jawa yang tidak terjamah tulis dan terisolasi jaman dahulu betapa banyaknya bukan.
Semoga suatu saat bisa mengupas semuanya sedikit demi sedikit mengingat minimnya budaya tulis yang masih utuh dan kebanyakan babad babad dalam bentuk tulispun tidak tau kemana rimbanya apalagi yang membahas khusus tentang cerita cerita hantu lokal masa silam, nah langsung saja ya kita sambut daftar hantu hantu kuno tanah jawa sebagai berikut

1. Lampor
Lampor adalah memedi udara yang digambarkan sebagai manusia bersayap dan berkepala banteng, lampor datang bersamaan dengan suara geluduk petir yang mengaum luas disertai angin kencang serta cuaca yang buruk hingga bisa terjadi banjir atau bencana akibat cuaca buruk tadi.
Memedi ini hobi seklai mengumpulkan semua awan mendung menjadi satu dan membuatnya tercurah hanya pada daerah tertentu dan bisa berakibat buruk atau cuaca buruk tadi dan lampor juga senang membuat seorang wanita hamil keguguran atau melahirkan sebelum waktunya, karena itu jaman dahulu wanita hamil akan bersembunyi di kolong tempat tidur atau sudut sudut gelap ketika lampor datang dalam cuaca buruk dan ketika cuaca buruk datang yang ditengarai datangnya lampor maka penduduk desa akan memukul kentongan dan alat bunyi bunyian lainya agar lampor pergi dan cuaca buruk pindah tempah.

2. Laha
Laha adalah memedi berwujud binatang terbang berkaki empat dan berkepala burung pemangsa yang hanya membawa bahaya bagi sesama binatang dan tidak langsung membawa bahaya bagi manusia, kecuali kerugian jika binatang ternak diserang laha maka akan sakit dan mati.
Orang jaman dulu mengenal laha sebagai memedi yang juga membawa kebaikan dan kesenangan bagi manusia yang memuja laha tersebut dengan mantra mantra dan sesaji sesaji tertentu dan manusianya harus menyerahkan dirinya pada laha.

3. Blorong
Blorong sendiri tidak diketahui jelas jenis kelaminya sehingga kadang disebut dengan “kyai blorong” dan kadang juga dipanggil dengan sebutan “nyai blorong”, tapi orang jawa dan pada umumnya lebih mengenal blorong sebagai sosok perempuan cantik dengan dada dan tubuh yang aduhai sedang bagian pinggul kebawah berwujud ular dan seluruh tubuhnya dihiasi banyak perhiasan emas berlian.
Dikatakan blorong menempati istana istana daerah rawa rwa yang dibangun dari tubuh para korban dan pemuja pesugihanya, dan disekitar istana juga banyak tumbuh bunga bunga teratai dan bunga macam lainya untuk menyembunyikan tubuh tubuh korban dari penglihatan manusia. Sekilas pesugihan blorong tersebut menawarkan kekayaan dan segala hajat nafsu manusia namun dengan syarat setelah 7 tahun maka manusia pemujanya harus meneyrahkan dirinya secara utuh namun jika mau diperpanjang juga bisa dua kali lipatnya dan memberikan korban manusia lain sebagai pengganti dan bagi korban akan dibawa ke istana dan dipekerjakan sebagai apa saja dan menderita banyak penderitaan.

4. Si belis
Si belis merupakan memedi yang berkeliaran di lapangan dan merasuki seseorang ketika orang tersebut tak sengaja atau sengaja melewati lapangan tadi, orang jaman dulu percaya bahwa si belis ini jika dijumpai manusia maka manusianya akan sakit disertai pusing kepala dan dikatakan dimakan si belis.

5. Si sato
Si sato adalah memedi yang berwujud binatang berkaki empat biasanya merasuki binatang binatang ternak dan menyebabkan binatang ternak menjadi sakit terutama sakit bagian pencernaan dan kembung.

6. Dinkel
Dinkel adalah memedi pengganggu dan pengusik binatang ternak terutama ayam dan ayam yang diganggu akan tiba tiba mati diawali dengan sakit yang tidak jelas dan tiba tiba.

7. Tetelo
Tetelo adalah memedi pengganggu ayam yang menyebabkan ayam terserang kolera dan ayam yang dihinggapi tetelo akan tiba tiba meloncat keatas dahulu sebelum mati, jantung ayam yang diserang akan menjadi keriput seolah terbakar dan dikatakan ayam itu dimakan tetelo.

8. Kiciwis
Kiciwis adalah memedi berwujud seekor kucing putih atau biantang lainya yang menampakkan diri pada waktu matahari mulai terbenam, kiciwis menyerang orang terutama anak anak yang berjalanan dijalanan yang sepi dan cara menyerangnya adalah dengan cara menggigit kaki anak anak atau orang orang tersebut.

9. Gebluk
Gebluk kadang juga disebut sambang gebluk yang merupakan memedi berwujud uap putih yang tipis keluar dari tempat tempat lembab antara rumput rumbut dan semak semak lalu serta merta hilang dan bisa mengakibatkan sakit pada binatang ternak bertanduk semacam sapi, kerbau atau binatang lainya.

10. Keblek
Keblek adalah memedi kecil di udara/melayang yang berwujud manusia dnegan tangan dan kaki kecil namun perut besar sekali dan menggelantung melayang layang, keblek akan melayang kesana kemari sambil mengeluarkan suara seolah olah bertepuk tangan meski begi keblek dikatakan tidak pernah mengganggu manusia dan tiadk akan pernah turun atau menjaman tanah.

sketsa gaib dan khodam100Nah sekian daftar 20-30 dari total 40 nama nama hantu tanah jawa yang akan ditulis dalam artikel khusus hantu hantu kuno tanah jawa dan pastinya beberapa nama hantu tersebut pernah didengar atau malah pernah bertemu, jika pernah bertemu bolehlah berbagi cerita disini dengan kirimkan cerita ke alamat email tertera nanti, secara pribadi penulsi sangat suka sekali dengan penggambaran wujud keblek ini nantinya pengen suatu saat membuat visualisasinya beserta info tambahan yang tidak didapat dalam artikel khusus hantu keblek karena lucu dan kelihatanya itu adalah hantu yang gembira.

Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 1
Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 2

Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 3
Baca juga nama nama hantu tanah jawa bagian 4 (finis)

Semoga artikel ini menambah wawasan mase dan mbake dalam mengenal hantu hantu kuno tanah jawa, Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan dan tidak ada maksud negatif dalam setiap artikel yang tertulis selain hanya berbagi, sekian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat bahasanya, bisa komentar dikolom komentar atau silahkan kirim email ke jalakpaningal@gmail.com disitu juga bisa konsultasi masalah spiritual maupun masalah supranatural secara privacy dan cuma cuma tentunya bagi penikmat blog mataketiga.com.

Rahayu
jalakpaningal

Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 205 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Wujud dan sejarah sundel bolong | mata ketiga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*