Hantu hantu kuno tanah jawa seri 4

mengenal hantu kuno tanah jawa

 

Hantu hantu kuno tanah jawa seri 4 | Halloo dan selamat malam ya mas dan mbak semua penikmat blog ini semoga selalu tampan dan cantik cantik dan kali ini saya akan melengkapi 40 nama nama hantu jawa kuno sekaligus sebagai pamungkas dari nama nama hantu kuno yang jarang kita kenal namun dibahas secara sekilas dalam cetakan dunia mistik orang jawa oleh seorang peneliti dari belanda dan dialih bahasakan oleh para pecinta budaya pada tahun 2006 kalau tidak salah.
Nah sebagai penutup seri maka tentunya hantu hantu atau mahluk halusnya juga lebih seram dan jarang sekali kita dengar bahkan penulis yang sudah agak tue ini juga baru tau saat membaca literatur tersebut, yak cukup sekian dan mari kita sambut 30-40 hantu hantu kuno tanah jawa yang jarang kita ketahui.

Daftar Hantu hantu kuno tanah jawa seri 4

1. Si baung
Si baung dalah memedi hutan dalam bentuk manusia berkepala anjing yang jika bertemu manusia maka ia akan menggonggong dan menyalak dengan keras sehingga orang tersebut akan ketakutan dan akhirnya sakit keras serta ketakutan.

2. Anja anja
Anja anja adalah memedi penghisap darah berwujud manusia yang akan menghisap darah dan energi hidup seseorang hingga mengakibatkan sakit keras dan bercak kebiruan di kulit dan bila ada orang meninggal dengan bercak kebiruan di kulit ia akan dikatakan dijilat anja anja.

3. Bermana bermani
Bermana bermani adalah roh dari pasangan laki laki dan perempuan yang meninggal, pertama tama pasangan ini berubah menjadi jin dan jim (tidak diketahui apa itu jin dan jim) lalu berubah menjadi memedi penggoda yang sangat berbahaya.
Bahayanya bagi pasangan suami istri yang masih hidup karena menurut kepercayaan orang jawa jaman dahulu memedi ini dapat merasuki salah satu pasanganya secara jangka yang lama dan bisa saja tidak diketahui, untungnya walau sangat ditakuti dan berbahaya namun untungnya bermana bermani ini hanya ada sepasang saja.

4. Kanun
Kanun adalah sosok memedi udara yang berwujud menakutkan sebagai raksasa melayang layang diudara dan setiap hari memakan memedi lain sejumlah 40, orang jaman dulu mempunyai kepercayaan bahkan kanun bisa memakan 44 memedi setiap harinya.
Untungnya meskipun kanun ini seram namun tidak mengganggu manusia dan lebih terasa membantu manusia itu sendiri saat jalan di jalanan sepi dan angker maka orang orang akan memanggil nama kanun untuk menakut nakuti memedi lainya.

5. Bajag angkrik
Bajag angkrik adalah sosok memedi berwujud anak anak kecil yang bergerombol dan mendatangi manusia lalu menakut nakuti dengan cara mengambil sikap dan gestur mengancam, dan bila tidak berhasil menakut nakuti maka mereka pergi dan beberapa saat lagi akan mengulanginya secara terus menerus sampai manusianya takut atau pergi karena itu juga memedi ini tidak ditakuti.

6. Hanga lgi
Hanga lgi adalah memedi dengan wujud sosok raksasa berambut panjang terurai namun meskipun wujudnya mengerikan ternyata hanga lgi ini bersifat baik yaitu dengan melindungi orang dari mara bahaya.
Semisal ada orang akan dibegal dijalan sepi maka hanga lgi akan membuat orang tadi menjadi tidak kelihatan bagi orang orang jahat atau begal tadi namun bila orang yang ditolong tidak berterimakasih maka bisa saja hanga lgi ini muncul secara tiba tiba dihadapan yang ditolongnya hingga ketakutan bahkan saking kagetnya bisa saja menjadi sakit.

7. Drubiksa
Drubiksa adalah memedi rumah yang tak terlihat dengan sifat baik dan jahat sekaligus karena sering melindungi penghuni rumah dari mara bahaya dan penyakit penyakit, sayangnya memedi ini suka seklai usil dengan cara menaburkan pasir di makanan, membuang panci panci dan alat dapur bahkan kadang sampai merusak perabotan dalam rumah.

8. Antu alas
Antu alas adalah memedi hutan dan hanya nampak pada saat malam hari kepada orang orang yang berdiam di hutan baik sendirian maupun berkelompok kadang juga menakuti orang yang kebetulan hanya lewat hutan tempat antu alas tinggal, antu alas sendiri berwujud awan kabut tebal yang ketika nampak akan berubah wujud menjadi wujud yang sangat mengerikan dan bersuara berat keras dan selalu tertawa sehingga membuat orang orang akan terkejut, takut bahkan bisa menjadi tiba tiba sakit.

9. Antu omah
Antu omah adalah memedi yang bertinggal dalam rumah rumah dan selalu dekat pada tungku dan pemanas ruangan, memedi ini selalu mengambil wujud sebagai asap dan kemudian berubah lagi menjadi sosok manusia dan siapapun yang melihatnya akan menjadi sakit perut kembung dan sakit yang sangat parah.

10. Ndhas glundhung
Ndhas glundhung ini adalah memedi berwujud kepala saja tanpa bawan yang suka menakut nakuti orang orang dengan cara mengambil wujud sebagai anak ayam dan ketika diambil maka akan menajdi kepala yang menyeringai, kadang pula mengambil wujud sebagai seperti ada buah kelapa jatuh dan jika diambil akan menjadi kepala dan diyakini pula memedi ini adalah perwujudan dari orang orang yang meninggal tidak wajar dengan cara dipotong kepalanya atau disembelih.
*khusus ndhas glundhung mataketiga menambahkanya sendiri sebab dalam dunai mistik orang jawa tidak disebutkan dan hilang satu memedi dari 40 yang harusnya ada menjadi 39.

Hantu hantu kuno tanah jawa seri 4

Nah sekianlah kelengkapan dari Hantu hantu kuno tanah jawa yang jarang kita dengar dan mungkin sudah tidak lagi dikenal karena simpang siurnya informasi dan minimnya buku buku yang mengulas khusus tentang hantu hantu pulau jawa sendiri, semoga dengan artikel ini bisa membantu menyegarkan bentuk bentuk hantu yang sebelumnya hanya itu itu saja menjadi bertambah dan semoga suatu wkatu nanti mataketiga bisa memvisualkan satu persatu mahluk mahluk astral dalam artikel 40 nama hantu tanah jawa tersebut maka stay tune terus di blog mataketiga yak.

Hantu hantu kuno tanah jawa (bag1)

Khusus mataketiga snediri dari 10 dafatr hantu tersbeut yang pernah melihat dan bertemu adalah ndhas glundhung (kepala menggelinding) namun tidak ngglundhung akan tetapi melayang saja yang membuat takut dan lekas lekas pergi dari tempat kemunculan memedi tersebut, sekian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat bahasanya, bisa komentar dikolom komentar atau silahkan kirim email ke jalakpaningal@gmail.com disitu juga bisa konsultasi masalah spiritual maupun masalah supranatural secara privacy dan cuma cuma tentunya bagi penikmat blog mataketiga. Hantu hantu kuno tanah jawa seri 4