Ragam Puasa Dalam Keilmuan dan Kasanah Kejawen

Ragam puasa yang jarang kita kenal | hallo mas mbak kabeh salam jumpa lagi dan kali ini akan hadir sebuah artikel yang berisi pengetahuan tentang apa apa saja jenis puasa dalam istilah kejawen dengan banyak tujuan baik spiritual maupun supranatural yaitu untuk mencapai ilmu ilmu tertentu, atau untuk mencapai kebersihan hati dan macamnya pun banyak tidak hanya menhaan lapar dan haus serta nafsu akan tetapi dari yang hanya makan umbi umbian sampai ada yang sampai tidak makan dan minum apapun.
Mataketiga sendiri dulu sekali pernah melakukan beberapa tatacara puasa yang tertera ini dan sekarang karena banyak hal dan kondisi tidak pernah lagi melakukan puasa puasa seperti ini, nah bagi yang tidak pernah atau belum tau nama dan bagaimana puasa puasa dalam kejawen maka mari kita simak beberapa ragam puasa yang jarang kita kenal tersebut.

1. Puasa Mutih
Dalam puasa mutih ini seseorang tidak boleh makan apa-apa kecuali hanya nasi putih dan air putih saja, nasi putihnya pun tidak boleh ditambah apa-apa lagi (seperti gula, garam dll.) jadi betul-betul hanya nasi putih dan air putih saja dan sebelum melakukan puasa mutih ini, biasanya seorang pelaku puasa harus mandi keramas dulu sebelumnya dengan tujuan agar mampu meaksanakan puasa dan membersihkan jasmani dan ruhaninya secara sempurna namun puasa mutih sendiri dalam prakteknya juga dikenal mutih tersebut sebagai beberapa jenis yaitu,

Mutih: boleh makan dan minum kapan saja, asal yang dimakan dan diminum nasi putih dan air putih tawar.
Puasa mutih : Siang hari tidak boleh makan-minum, layaknya seperti puasa biasa, Buka dan sahur hanya dengan nasi putih dan air putih tawar.
Puasa mutih ngepel : Sama seperti Puasa Mutih diatas, cuma banyaknya nasi untuk Buka dan Sahur cuma 1 kepal dan 1 gelas air putih tawar.

2. Puasa Ngeruh
Dalam melakoni puasa ini seseorang hanya boleh memakan sayur sayuran serta jenis buah buahan saja dan tidak diperbolehkan makan makanan selain itu smeisal ikan, daging dagingan, telur dan makanan makanan lain yang tidak bersumber dari jenis sayurans erta buah buahan.

3. Puasa Ngebleng
Puasa Ngebleng adalah berhenti dari segala aktifitas sehari hari termasuk bekerja, makan dan minum juga dihentikan total bahkan juga tidak boleh melakukan aktifitas seksual dengan istrinya sendiri dan harus berada dalam suatu kamar sendirian selama 24 jam penuh dan mengurangi waktu tidurnya, pada malam hari atau menjelang selepas siang maka juga tidak diperbolehkan menyalakan lampu atau alat penerangan sama sekali dan hanya boleh keluar kamar jika ingin buang air tidak lebih daripada itu.

4. Puasa Pati geni
Puasa ini sangat identik dengan puasa ngebleng yang dijelaskan sebelumnya namun dengan beberapa perbedaaan yaitu jika puasa ngebleng maish boleh keluar kamar untuk buang air maka puasa pati geni tidak diperbolehkan sama sekali, tidak boleh tidur sama sekali dan dilakuakn selama 24jam penuh bisa saja lebih tergantung niatan dan ilmu apa yang akan dipelajari, dulu saya pernah dikasih semacam ilmu caraka walik oleh paman dari lampung dan diberi syarat puasa pati geni 3 hari dan selama puasa itu diharuskan membaca cara walik dan beberapa mantra lainya hingga mahluk yang membawahi mantra tersebut akan datang dan secara fisik namun jelas itu tidak saya penuhi karena tidak tertarik juga karena pertimbangan lainya.
Nah jika pati geni tidak boleh ke kamar kecil lalu bagaimana jika ingin buang air apakah kencing atau berak sembarangan? tentu tidak ada baiknya saat melakukan pati geni juga menyiapkan pispot atau semacam tempat pembuangan agar tidak mengotori ruangan atau meracuni yang puasa karena bau baunya dan untuk mantra pembuka puasanya sendiri adalah
“niat ingsun patigeni, amateni hawa panas ing badan ingsun, amateni genine napsu angkara murka krana Allah taala”. (Saya berniat Patigeni, memadamkan hawa panas (nafsu) di badan saya, matikan api (hawa) nafsu angkara murka, Karena Allah Yang Maha Esa).

5. Puasa Ngelowong
Puasa ngelowong adlaah jenis puasa yang hanya melarang seseorang tidak makan dan minum makan hanya dalam jangka waktu tertentu saja dan selama 24 jam itu juga hanya diperbolehkan tidur hanya selama beberapa jam saja tidak lebih, namun tetap diperbolehkan untuk keluar rumah dan kemana saja asal tidak jadi alasan jajan soto atau rawon sejalan jalan ntar malah jadi kenyang nggak jadi puasa.

6. Puasa Ngrowot
Puasa ngrowot adalah jenis puasa yang dilakukan utuh dari mulai subuh hingga maghrib namun perbedaanya adalah ketika makan hanya diperbolehkan berupa buah buahan saja dan boleh jenis buah apa saja namun dalam sekali makan hany boleh satu jenis semisal jika makan apel ya boleh makan 2-3 buah apel saja tidak boleh campur buah yang lainya, namun dalam puasa ini seseorang boleh beraktifitas apa saja dan tidur dimana saja terutama dirumahnya sendiri dan jangan tidur di rumah orang lain yang tidak dikenal nanti dilaporkan hansip.

7. Puasa Nganyep
Puasa nganyep ini adalah puasa yang tidak memperbolehkan seseorang memakan sesuatu yang berasa dan hampir mirip dengan puasa mutih namun yang membedakan puasa nganyep ini boleh makan apa saja namun tidak mempunyai rasa alias anyep (dingin), namun boleh makan dengan rasa cinta dan rasa rindu tentunya sebab itu adanya dari dalam hati dan bukan dari makanan yang kita makan sebab kata orang kalo jatuh cinta makan gula jawa serasa coklat.

8. Puasa Ngidang
Puasa ngidang ini adalah puasa yang mengambil pola makan seekor kidang/rusa yaitu hanya memperbolehkan seseorang memakan daun daunan dan air putih saja namun tetap diperbolehkan melakukan aktifitas sehari hari dan tidur sesuai kebutuhan, namun tidak boleh memakan selain daun daunan dan minum air putih saja.

9. Puasa Ngepel
Puasa ngepel yang artinya puasa kepal (satu kepal) puasa ini mengharuskan seseorang memakans atu kepal nasi saja dalam satu hari meskipun ada beberapa juga yang memperbolehkan bahkan dua atau tiga kepal sekaligus, atau sesuai hitugan hari puasanya smeisal pusa tiga hari maka hari pertama makan satu kepal dan hari kedua makan dua kepal dan seterusnya.

10. Puasa Ngasrep
Puasa ngasrepa dalah puasa yang hanya memperbolehkan seseorang makand an minum yang tidak ada rasanya serta minumnya pun hanya dibatasi 3x kali dalams ehari saja dan masing masing satu gelas wajar tidak boleh satu teko diminum sendiri sekali minum.

11. Puasa Senin-kamis
Puasa senin kami ini adalah puasa seperti halnya pausa dalam umat Islam dans angat identik karena memang ini bagian dari itu dan terserap dalam kehidupan dan keilmuan orang jawa jaman dahulu kala, dan puasa ini tentunya bisa dilakukan siapa saja bahkan jika tanpa ada niatan belajar keilmuan tertentu dan hanya untuk naitan menahan hawa nafsu dan membersihkan diri ruhani dari segala macam kotoran.

12. Puasa Wungon
Puasa wungon inia dalah puasa yang disbeut pamungkas namun jarang diketahui yaitu jenis puasa selama 24 jam nonstop tidak boleh makan dan tidak boleh minum juga tidak boleh tidur, namun tetap beraktifitas seperti biasanya sedang tujuanya tentunya bermacam macam tergantung apa yang sedang dipelajarinya saat menjalankan puasa tersebut.

13. Puasa Ngalong
Puasa ngalong ini adalah puasa yang unik dalam menjalankanya yaitu berpuasa dengan cara memposisikan tubuh terbalik yaitu kepala dibawah dan kaki diatas seperti seekor kalong istirahat didahan dahan, dan saat ngalong tersebut dilarang bergerak banyak banyak secara fisik dan biasnaya dibarengi atau sepaket dengan puasa ngrowot, selain manfaat keilmuan disebutkan juga ini mampu membuat pernafasan dan kondisi fisik terlatih menjadi sehat dan siap siaga selalu.


Nah itulah tadi 13 daftar ragam puasa yang jarang kita kenal dalam kejawen yang diketahui dan masih tersimpan meski tidak memungkiri ada beberapa puasa lagi yang tidak diketahui karena minimnya informasi, namun dengan 13 daftar saja sudah terasa banyak bukan dan tidak mungkin dilakukan puasa kesmeuanya dalam sebulan bersamaan hehehe. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menyimpan kasanah budaya keilmuan saja dan tidak ada maksud lain dan jika ingin menggunakan puasa yang tertera sangat disarankan ada yang membimbing atau memahami boleh tidaknya dalam keyakinan yang mase dan mbake pegang.

sekian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat bahasanya, bisa komentar dikolom komentar atau silahkan kirim email ke jalakpaningal@gmail.com disitu juga bisa konsultasi masalah spiritual maupun masalah supranatural secara privasi dan cuma cuma tentunya bagi penikmat blog mataketiga. Ragam puasa yang jarang kita kenal

Rahayu
jalakpaningal
mataketiga-sketsa-gaib