Apa itu dejavu dan jenis jenisnya

Deja vu, stilah déjà vu ini diciptakan pada tahun 1876 oleh filsuf Perancis Emile Boirac untuk menggambarkan perasaan kuat bahwa anda telah mengalami sesuatu sebelumnya. Namun ada beberapa fenomena lain yang masih berkaitan, namun belum begitu dikenal.
Kata “déjà vu” sendiri berasal dari bahasa Prancis yang artinya “pernah merasa atau melihat”. Contoh paling gamblang akan perasaan ini diangkat dalam film ‘Groundhog Day’ yang dibintangi Bill Murray.

Apa itu dejavu dan jenis jenisnya | Hallo masbro dan mbakbro jumpa lagi di mataketiga yang membahas segala macam pernak pernik supranatural dan spiritual serta apapun yang menarik hati untuk ditulis kali ini akan membahas apa sih deja vu dan apa bagaimana menyikapinya, apakah kita harus diam saja, menyeslainya atau malah jatuh cinta apda yang namae deja vu tadi padahal kita ndak tau bagaimana rasanya jatuh cinta sebelumnya.
Sebelumnya nih mbakro dan masbro pasti sering atau pernah ketika berjalan ditempat asing tiba tiba timbul perasaan seakan akan pernah jalan ditempat aisng tersebut dan sangat melekat memori, aroma dan tanah serta lekuk lekuk situasinya dan sangat mengenalnya termasuk posisi benda diskeitarnya, serem nggak tuh padahal kita ndak pernah ketempat itu sebelumnya… nah kira kira seperti itulah deja vu yang sering disangkut pautkan dengan dunia mistis, supranatural bahkan mulai era modern ini juga dipaparkan secara ilmiah dan ditulis jenis jenis kategori deja vu itu sendiri maka mari kita lihat satu persatu dahulu apa itu dejavu dan jenis jenisnya yaitu

Jamais vu | diartikan sebagai “tidak pernah melihat” dan digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang baisa ia temui tiba tiba menjadi asing, misalnya sbeuah kosakata yangs ering didengungkan atau didengar dan tiba tiba menjadi seolah olah asing dan ganjil.

Presque vu | diartikan sebagai “hampir melihat” adalah suatu perasaan yang sedang berada tepian pencarian sebuah pencerahan mungkin lebih simpelnya ketika kita sedang mengingat ingat sesuatu dan jawabanya seolah olah sudah mulai muncul namun belum juga ditemukan secara nyata.

Déjà entendu | artinya “sudah pernah mendengar” ini adalah ketika kita seolah olah pernah mendengar bunyi bunyian atau kosakata kosakata dalam sebuah pernyataan, perkataan atau lirik lagu yang mungkin sebenarnya ebnar benar asing dan belum pernah kita dengar.

nah diatas itu tiga jenis deja vu meskipun sampai saat ini dari segi sains belum bisa menjelaskan secara gamblang namun para sains sangat yakin deja vu adalah sebuah kegiatan otak yang tidak sempurna, serta ada kaitanya dengan penyakit schizophrenia, kegelisahan atau gangguan neurologi lainnya padahal mereka juga belum bisa menjelaskan keterkaitanya tersebut.
Sedang menurut Prof Muhammad Al Ghazali dalam kitab yang bertajuk hatayaak (perbaharuilah hidupmu) mengatakan bahwa tidak ada apapun yang baru dalam hidup ini sebab semuanya hanya berputar berulang ulang dengan lakon berbeda namun kisah yang sama, jadi jika diturut dari itu bahwa de javu itu adalah kilasan kilasan ingatan yang nyata dan bukanlah sebuah ilusi atau tipuan pikiran belaka.
Selaras dengan apa yang mataketiga yakini meskipun agak berbeda yaitu sejarah itu selalu berulang dan peran hanya itu itu saja yang berbeda hanya tokoh tokohnya, lalu segala ilmu, ingatan, dan kejadian kejadian kita yang sekarang akan tertinggal di bumi ketika kita meninggal nantinya dan tidak menutup kemungkinan ingatan ingatan itu akan menempel pada orang lain yang kebetulan mempunyai energi dan sifat yang sama dan seakan akan mengingat dan pernah ketempat dimana kita dulu pernah hidup dahulu dan menyebutnya deja vu.

Sebenarnya masih ada beberapa tokoh lain yang menganggap deja vu adalah ingatan dari perjalanan ruh manusia saat tidur dan ketika kembali maka manusianya akan mengingat sekilas sekilas tempat, rasa, aroma dan segala macam hal yang dialami oleh ruh dalam perjalanan saat kita tertidur namun saya rasa masih perlu ada rujukan lainya seperti pendapat bahwa sejarah berulang yang saya sendiri juga meyakininya dan dulu pas nyantrik juga dikatakan juga oleh guru.
Bahwa percintaan-peperangan-kematian-kehidupan-kekecewaan dan segala macam ilmu di bumi ini hanya berputar dan menetap dengan wadah wadah baru yang sesuai, meski ada pula anggapan bahwa deja vu adalah ketika salah satu mata melihat dan memetakan sebuah kejadian atau lokasi dengan sangat cepat sebelum amta satunya dan mengirimkanya ke otak hingga seakan akan merasakan atau seakan akan pernah berada dalam loaksi dan suatu kejadian dalam hitungan milidetik, meskipun menjadi mentah lagi ketika teori itu dibenturkan pada orang yang hanya mempunyai satu mata normal atau malah buta.

Ketemu seorang cewek cantik dan bahenol asoy semlohai jadi keinget mantan pacar… tapi tiba tiba inget kalau belum pernah punya pacar, ternyata kamu sedang mengalami deja vu.

mataketiga.com

Sekian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat bahasanya dalam artikel Apa itu dejavu dan jenis jenisnya, bisa komentar dikolom komentar atau silahkan kirim email ke jalakpaningal@gmail.com disitu juga bisa konsultasi masalah spiritual maupun masalah supranatural secara privacy dan cuma cuma tentunya bagi penikmat blog mataketiga.com.

Rahayu
jalakpaningal
mataketiga-sketsa-gaib