Menebang pohon angker

Mitos dan kenyataan tentang tidak boleh menebang pohon tua

Menebang pohon angker | hallo mas dan mbake semua selamat jumpa lagi dengan mataketiga dan ini nulis artikelnya emang sambil kantuk kantuk karna semalam nggak bisa tidur lelap dikarenakan banjir ada air masuk rumah dari lubang lubang antara ubin dan tembok karena hujan deras banget dan kebun jati belakang rumah ditebang smeua pohonya, nah tentunya kali ini mataketiga akan memberikan artikel yang lumayan ringan karena kemaren sudah mengulas materi materi berat semacam membersihkan diri dari sihir dan dicintau jin kali ini pengen membahas apakah benar pohon besar dan pohon yang tua itu sarang hantu lalu kenapa ada mitos tidak boleh menebang pohon tua dan besar oleh leluhur kita sendiri, apakah karena hantu atau lainya?

Kita tentu sering mendengar ada pohon besar yang tidak bisa ditebang atau sedikit yang berani menebangnya karena dikatakan rumah hantu, danyang, dedemit dan sembarang mahluk gaib lainya yang konon bisa mengakibatkan celaka, pamali, kualat bahkan bisa bisa malah meminta korban jiwa dan itu bukan hanya isapan jempol belaka karna memang kadang ada yang setelah menebangnya tiba tiba sakit sampai meninggal, meskipun mati hidup ada didalam kausa Illahi namun kadang tatacaranya bisa disangkutpautkan atau di gotak gatuk matuk atau bahkan memang bersangkutan dengan kegiatan yang kita bahas tadi yaitu menebang pohon angker rumah hantu.
Sebagai sesama mahluk hidup meskipun para hantu tadi kebetulan tinggal di pohon pohon tua ada baiknya sebelum memenabang ataupun berkegiatan lainya yang ada hubunganya dengan alam agar berdoa dahulu dan meminta ijin kepada Tuhan untuk bersyukur ata nikamtya yang disediakan apda kita manusia, jadi bukan minta ijin kepada penghuni gaibnya sebab alam ini ada dalam kuasaNya seperti dalam artikel siluman pembawa bencana ini.

Jadi memang benar ya pohon besar dan tua jadi sarang hantu? mataketiga menjawabnya iya bisa saja itu terjadi dan banyak contohnya namun bukan menjadi alasan bagi kita lalu takut kepada hantu dan hal gaib lainya atau bahkan memberikan rasa yakin kita pada hantu dan pohon tua tersebut hadapilah semua dengan netral dan selayaknya manusia yang berdampingan yaitu saling menghormati dan tidak saling menantang, mereka ada dan kita ada pada tempat masing masing.

Namun perlu saya ingatkan bahwa artikel ini mungkin tidak berlaku bagi penggiat supranaturala atau spiritual lain jadi mohon maklumnya juga ini hanya sebagai pengingat bagi mas dan mbak yang kebetulan awam atau bingung mencari jawaban dari opsi lain dan mataketiga menyuguhkan pemikiran untuk umum secara lugas apa adanya yang diketahui dan dipahami selama ini, lalu bagaimakah kita harus menyikapinya jika ada hantu bertengger di pohon yang mau dipotong namun kita takut terjadi apa apa pada penebangnya?
pertama tama carilah tukang tebang lain jika takut dan lebih aman jika yang nebang juga pengalaman nebang pohon besar yang bisa berbahaya juga jika ketiban atau nyangkut kabel listrik, lalu buatlah upacara kecil kecilan atau sekedar doa bersama dan kalau masih takut juga carilah praktisi dari basik apapun agar bisa dibantu secara intens dan secara langsung, kalau mataketiga sendiri sih cukup bersyukur dan berdoa padaNya dan doa kecil kecilan secara khusyu dirasa sudah cukup, kecuali jika cuma nebang pohon pohon kecil ya dimulai dengan doa saja sudah cukup.

kuntilanak-pohon-angkerApakah ada pohon pohon tertentu saja yang bisa diadikan rumah bagi hantu?
Ndak begitu juga sebab semua pohon bisa diaku oleh hantu sebagai rumahnya wong bahkan rumah kita sneidir aja bisa diaku aku milik sosok hantu tertentu dan mengganggu manusia didalamnya kok, semisal pohon kamboja bisa dipakai hantu apa saja tergantung hantu apa yang pengen eksis dan cerita apa yang santer terdengar.

Nah setelah itu tentu kita juga sering dengar para leluhur kita bilang agar tidak menebang pohon besar ditempat tempat yang ada sendangnya, makam, danau dan tempat tempat yang dikatakan angker dan apakah itu ada hubunganya dengan penjelasan diatas tadi?
Ya memang ada kaitanya namun tujuan utama juga bukan itu saja sebab leluhur nusantara itu orang maju yang pintar namun karena bahasa dan ilmu masih seputar yang bisa dicapai pada zamanya hanya itu maka dikatakan kalau menebang pohon besar tua bisa kualat dan dimakan danyang ini itu hingga sangat dipercaya turun temurun dan sekarang mulai tidak ditaati dengan alasan tahayul atau percaya sama demit itu masuk neraka dan berdosa, padahal kalau mau mengkaji lebih dalam bukan itu tujuan utamanya, bukan pemujaan kepada setan dan danyang namun pada aspek yang belum bisa dikalimatkan dengan ilmu seperti sekarang.

 

Seperti yang kita tau bahwa pohon pohon itu sebagai sumber oksigen, penjaga habitat lingkungan, menjaga kondisi air tanah dan ebrabgai macam teori dan fungsi yang tidak bisa digantikan oleh apapun sampai saat ini dan ilmu yang membahas secara detail fungsi pohon pohon tentunya belum ditemukan saat para leluhur mengucapkan harus menjaga pohon karena sangat penting bagi manusia dan alam sekitarnya tentunya bisa mas dan mbake cari tau di buku buku pelajaran smp, sma bahkan tingkat selanjutnya yang khusus mengkaji alam sekitar dan kualitas air tanah dan pohon pohon sebagai paru paru dunia.

Mase dan mbake tentunya merasakan betapa panasnya hidup di kota kota jaman sekarang yang minim pohon pohon besar dan betapa sulitnya mencari air bahkan kadang masa masa tertentu air pam saja bisa tidak ada untuk beberapa saat, maka itu mataketiga katakan janganlah takut memotong pohon karena ada hantu jahatnya akan tetapi takutlah memotong pohon karena akan merusak lingkungan dan merugikan diri sendiri, sekarang dan untuk anak cucu kita kedapan depanya dan jangan mudah ditakuti takuti oleh cerita hantu tapi jangan pula meremehkan cerita yang memang ada dan jangan sembrono kajis emua dengan akal sehat dan tenang hati agar tidak mudah terbawa isu, kabar bohong dan tidakan irasional lainya.
Menebang pohon angker tentunya juga kita harus pikirkan sudah cukupkah pohonan disekitar kita dan sebaiknya dalam rumah itu minimal ada pekarangan dengan pohon besar dan rumputan agar tidak panas dan memberikan pada habitat lainya semacam hewan hewan kecil maupun mahluk lainya secara berdampingan wajar, karena bumi ini bukan hanya untuk manusia saja.

Sekian dan mohon maaf jika ada yang kurang berkenan atau kurang tepat bahasanya, bisa komentar dikolom komentar atau silahkan kirim email ke jalakpaningal@gmail.com disitu juga bisa konsultasi masalah spiritual maupun masalah supranatural secara privacy dan cuma cuma tentunya bagi penikmat blog mataketiga. Menebang pohon angker

Rahayu
jalakpaningal

Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 193 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

1 Trackback / Pingback

  1. Inyiak manusia harimau tanah minang | mata ketiga

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*