Kuyang dan hantu kepala terbang yang lain

Mengenal hantu hantu kepala terbang dari berbagai cerita

hantu-kepala-terbang

Hantu hantu lain yang mirip kuyang | mataketiga.com kali ini akan menuliskan beberapa rangkuman tentang hantu kepala terbang yang kita kenal sebagai kuyang meski sebenarnya juga kurang tepat disebut kuyang namun dalam pembicaraan umum lebih terkenal sebagai hantu kuyang, dan pasti juga banyak yang bertanya tanya selama ini apakah hantu indonesia apakah berbeda dengan hantu luar negeri?
Menurut yang telah mataketiga pahami dan lalui selama ini sih bahwa hantu hantu indonesia dan luar negeri itu sama saja tapi hanya berbeda dalam mitosnya, namanya dan beberapa hal yang berbeda dalam pernak pernik budaya yang menyertainya, namun mahluknya sama, ilmunya sama dan sebeda apapun akan menuju apda suatu kesamaan seperti dalam artikel tentang kuyang dan dua hantu kepala terbang di dua negara lain.

1. Kuyang | Kuyang merupakan siluman berwujud kepala dengan isi tubuh/jeroan yang menggelantung dibawah lehernya tanpa kulit dan tanpa badan, kuyang selalu terbang pada waktu waktu tertentu untuk mencari makan berupa darah bayi atau darah wanita yang baru melahirkan dan kadang pula ada yang menyebutkan kuyang juga memakan janin untuk menyempurnakan ilmu hitam yang sedang didalaminya agar hidup abadi.
Namun pada siang hari ia akan menjadi wanita biasa dan menjalani hidup sehari hari dengan biasa namun selalu memakai jubah dan menutupi bagian lehernya yang dikatakan mempunyai tanda seperti goresan hitam atau merah tua.

Orang yang melihat kuyang biasanya akan menyangka atau seperti melihat seekor burung besar yang melesat diantara pohon pohon dan disebutkan untuk menakut nakuti kuyang yang terlihat maka penduduk disarankan memukul mukulkan ijuk atau perabot dapur agar mengeluarkan suara suara nyaring.
*artikel lebih lengkap tentang kuyang ada di artikel sejarah kuyang disini

 

2. Poppo | Poppo dipercayai dari salah satu daerah di sulawesi selatan dan berwujud kepala tanpa badan dan ada pula yang menyebutkan wujudnya adalah kepala dengan isi tubuh/jeroan yang menggelantung dibawah lehernya tanpa kulit atau badan.
Dan ketika popo terbang diantara pohon pohon atau melewati rumah rumah maka ia akan mengeluarkan suara ” pok, pok, pok, pok!” seolah olah sedang tercekik atau sedang marah besar dan mengancam siapapun yang mendengarnya, kadang pula ia akan seperti berputar putar disekitar bubungan rumah untuk sementara waktu.

Dalam cerita rakyat disana dikatakan bahwa poppo ini muncul karena kesalahan dalam menerima ilmu atau dalam belajar sebuah keilmuan tua dan sudah jarang dikenal jaman sekarang ini dan diidentikan dengan animisme.
Poppo sendiri ada dua jenis salah satunya adalah poppo yang ganas dan memakan janin atau bayi baru lahir dan yang satunya adalah poppo yang tidak ganas dan hanya memakan buah buahan di pohon atau yang jatuh di tanah untuk dimakan, sedang poppo sendiri juga dikatakan akan menyimpan jeroan tubuhnya (mungkin juga badan) diatap/langit langit rumahnya agar tidak ketahuan atau ditemukan.

 

3. Palasik | Palasik adalah perwujudan dari sebuah ilmu hitam yang sangat tinggi dan didalami oleh seseorang khususnya dari daerah minangkabau, ilmu ini juga bisa diturunkan kepada turunan dari yang belajar tadi sampai kepada turunan ketujuh.
Jadi ketika ada orang tua yang menguasai palasik maka dikatakan juga anaknyapun pasti juga bisa menguasai palasik itu sendiri dan tentunya keluarga yang disinyalir belajar palasik akan dikucilkan oleh warga dan emreka akan emmbuat komunitas komunitas kecil sendiri.

Wujud palasik sendiri adalah kepala dengan jeroan yang menggelantung dibawah lehernya dan saat berada dalam wujud itulah palasik akan mencari makan janin dalam kandungan, bayi hidup ataupun bayi yang meninggal dan sudah dikuburkan, dan bukan hanya dengan memakan secara fisik saja namun ada juga cara menghisap sari kehidupan bayi hingga sakit dan meninggal.

 

4. Leak | Leak adalah wujud siluman kepala terbang yang memangsa bayi bayi dan sifatnya sangatlah kanibal serta ganas dan mereka akan menjadi leak tersebut lalu terbang kesana kemari atau sudah emnentukan target mangsanya seperti orang hamil, mau melahirkan atau bayi yang masih kecil/baru lahir demi melengkapi keilmuan yangs edang didalami.
Leak sendiri adalah manusia biasa yang sedang mempelajari ilmu leak dengan banyak tingkatan dan salah sat jenis tingkatanya ada yang menjadi siluman kepala terbang dan emmangsa bayi bayi tersebut, sedang perwujudan leak sendiri tidak mentok pada kepala terbang itu sebab kadang ada yang sampai menjadi binatang, raksasa dan jenis jenis lainya.

Seorang teman mataketiga yang pernah menjadi guide turis di bali mengatakan pernah diajak untuk menyaksikan seorang yang mendapatkan ilmu leak dari keturunan dan saat pemanggilan menggunakan sesajen dari daun dan bunga bunga kering, hewan hewan hidup sebagai syarat datangnya leak nantinya.
Dan setelah dilakukan upacara lampu dimatikan lalu semua penonton dalam ruangan diam tiba tiba ada angin besar dan terdengar suara daun dan sesajen lain berserakan, suara lengkingan binatang meregang nyawa, lalu sejurus kemudian terdengar geraman berat dan kasar, sosok manusia yang mengaku punya ilmu leak tadi yang kepalanya ditutup kain putih tiba tiba menyibak kain penutup dan matanya terlihat menyala seperti api sembari menggeram geram.

Lalu lidahnya jatuh terjulur hingga menyentuh lantai dan lidahnya juga menyala, smeua yang menyaksikan hanya diam dan tidak berani berbicara atau bersuara apapun hingga pelaku leak diam dan lampu dinyalakan kembali dengan sisa sisa kekacauan berseraknya sesajen dan binatang binatang yang mati.

 

5. Mananggal | Mananggal adalah sosok wanita tua yang masih cantik dan segar namun dengan tujuan mencari makan dan menyempurnakan ilmunya maka pada malam hari ia dapat memisahkan kepala (dengan sebagian tubuhnya?) lepas dari tubuh bawahnya, lalu kepala itu akan terbang dengan mengambil wujud kepala terbang dan emmpunyai sayap seperti kelelawar.
Kepala itu memakan jantung janin bayi dalam kandungan atau darah dari ibu hamil yang sedang tertidur dengan menggunakan lidahnya yang panjang, namun saat sedang mencari mangsa tubuh yang ditinggalkanya juga menjadi titik lemah, yaitu ketika diketahui dan bawah tubuhnya ditaburi garam maka ia tidak akan bisa bergabung lagi menjadi kepala dan badan utuh dan mati sewaktu fajar.

Siluman kepala terbang ini berasal dari visaya (filipina?) dan orang orang disana mempunyai penangkalnya yaitu dengan menggantung bawang putih di gawang pintu atau didekat jendela rumah agar visaya tidak berani masuk karena takut dengan bawang putih tadi.

6. Phi krasue | Phi krasue sendiri adalah benar benar hantu dan sangat ditakuti ditempat asalnya yaitu thailand, sedang phi sendiri berarti arwah/hantu dan suka mengenakan gaun berwarna putih seperti manusia biasa pada malam hari namun dibalik gaun tu tidak ada tubuh seperti manusia biasanya karena yang ada dibalik gaun tersebut hanyalah jeroan yang menggelantung di leher kepalanya yang tanpa tubuh utuh dan dikatakan phi graseu sendiri jantungnya menyala merah darah dan masih berdetak detak.

Makanan phi krasue tersebut adalah mayat mayat dan segala kotoran yang ditemui saat memakan mayat tapi juga tidak menolak kotoran dari manusia hidup sendiri dan tempat ia selalu ditemui adalah sekitar pekuburan, tempat tempat gelap dan kotor dan saking buruk dan seramnya kisah hantu ini pun mampu menurunkan harga rumah mewah jika disinyalir menjadi tempat tinggal phi krasue.
7. Nukekubi | Siluman ini berasal dari negara jepang yaitu seorang wanita (bisa juga pria) biasa pada siang hari namun pada malam harinya ia bisa melepas kepalanya saja dan terbang ke rumah rumah untuk mencari mangsa, namun berbeda dengan kuyang atau lainya sebab ia tidak memakan janin akan tetapi menghisap darah manusia.
Sedang cara menghisap darahnya pun adalah ketika ia menemukan calon korban maka nukekubi akan menjerit njerit dan terbang cepat menuju korban dan menggigitnya lalu mengisap darah korban.

Sementara kepalanya mencari mangsa maka tubuhnya yang ditinggalkan bisa menjadi kelemahan yaitu jika tubuh dipindahkan atau disembunyikan hingga tidak dapat ditemukan kepalanya dan akhirnya akan mati waktu fajar tiba.
Dalam keseharianya ia adalah wanita biasa, bisa cantik, bisa ngeggemesin bahkan bisa saja tomboi namun dengan ciri ciri ada garis merah dilehernya mengitari leher dan biasanya akan selalu coba ditutupi dengan kain atau syal.

 
Nah sekian mas dan mbake 7 mahluk mengerikan baik hantu atau siluman atau boleh disebut manusia yang belajar ilmu hitam dan menjadi wujud kepala penyantap janin, peminum darah dan pengguna sihir yang sebagian kita kenal sebagai kuyang, palasik, poppo dan lain lainya dari negara seberang namun dengan wujud dan ciri yang kurang lebih sama.
Jadi kembali pada kesimpulan diatas tadi bahwa segala jenis hantu dengan ragam wujud dan mitos budayanya adalah sama meski dikatakan berbeda karena beberapa hal tersebut, semoga bisa memberi pengetahuan atau sebagai bacaan ringan.
Sekian dan jika ada pertanyaan seputar supranatural atau spiritual bsia kirim ke jalakpaningal@gmail.com dan tentunya tidak melayani konsultasi maslaah pemaksaan kehendak dan penyerangan pada pihak lain.

Rahayu
jalakpaningal

mataketiga-sketsa-gaib

Advertisements

2 thoughts on “Kuyang dan hantu kepala terbang yang lain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s