Kuyang dan hantu kepala terbang yang lain

Kuyang dan hantu kepala terbang yang lain

Poppo

Poppo dipercayai dari salah satu daerah di sulawesi selatan dan berwujud kepala tanpa badan dan ada pula yang menyebutkan wujudnya adalah kepala dengan isi tubuh/jeroan yang menggelantung dibawah lehernya tanpa kulit atau badan.
Dan ketika popo terbang diantara pohon pohon atau melewati rumah rumah maka ia akan mengeluarkan suara ” pok, pok, pok, pok!” seolah olah sedang tercekik atau sedang marah besar dan mengancam siapapun yang mendengarnya, kadang pula ia akan seperti berputar putar disekitar bubungan rumah untuk sementara waktu.

Dalam cerita rakyat disana dikatakan bahwa poppo ini muncul karena kesalahan dalam menerima ilmu atau dalam belajar sebuah keilmuan tua dan sudah jarang dikenal jaman sekarang ini dan diidentikan dengan animisme.
Poppo sendiri ada dua jenis salah satunya adalah poppo yang ganas dan memakan janin atau bayi baru lahir dan yang satunya adalah poppo yang tidak ganas dan hanya memakan buah buahan di pohon atau yang jatuh di tanah untuk dimakan, sedang poppo sendiri juga dikatakan akan menyimpan jeroan tubuhnya (mungkin juga badan) diatap/langit langit rumahnya agar tidak ketahuan atau ditemukan.

 

Palasik

Palasik adalah perwujudan dari sebuah ilmu hitam yang sangat tinggi dan didalami oleh seseorang khususnya dari daerah minangkabau, ilmu ini juga bisa diturunkan kepada turunan dari yang belajar tadi sampai kepada turunan ketujuh.
Jadi ketika ada orang tua yang menguasai palasik maka dikatakan juga anaknyapun pasti juga bisa menguasai palasik itu sendiri dan tentunya keluarga yang disinyalir belajar palasik akan dikucilkan oleh warga dan emreka akan emmbuat komunitas komunitas kecil sendiri.

Wujud palasik sendiri adalah kepala dengan jeroan yang menggelantung dibawah lehernya dan saat berada dalam wujud itulah palasik akan mencari makan janin dalam kandungan, bayi hidup ataupun bayi yang meninggal dan sudah dikuburkan, dan bukan hanya dengan memakan secara fisik saja namun ada juga cara menghisap sari kehidupan bayi hingga sakit dan meninggal.

Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 205 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*