Manfaat meditasi dan caranya

Manfaat meditasi dan caranya
mengatasi depresi, ketakutan dan penyakit dalam diri

Manfaat meditasi dan caranya

Panduan meditasi untuk orang umum dan pekerja

Manfaat meditasi untuk kesehatan | Semua pasti akan mengalami kejenuhan dan lelah fisik yang sangat terasa hingga menjadikan lambatnya proses berpikir serta mudah marah dan tertekan saat mengalami kelelahan, sedangkan perasaan tertekan sendiri akan membuat kehidupan seakan akan selalu buruk serta memicu pikiran pikiran negatif yang merugikan.

Ada banyak cara untk mengatasi kelelahan tersebut dan salah satunya yang disarankan adalah dengan cara meditasi, yak meditasi yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan aman jika tanpa dibarengi dengan mantra mantra khusus atau ritual ritual magis, jadi ini hanya murni meditasi untuk kesehatan.
Telah banyak penelitian tentang meditasi yang menyebutkan bahwa dengan meditasi secara rutin minimal 27 menit/hari mampu meningkatkan kinerja otak yang sangat berperan kepada emosi, memori dan daya tangkap yang berujung pada pola hidup sehat serta kecerdasan dan mental yang tahan uji serta welas asih/kedamaian hati.

Meditasi sendiri telah ada semenjak 3 abad silam dan mungkin lebih dalam prakteknya untuk kesehatan baik fisik maupun spiritual tentunya, meditasi juga bukan hanya sekedar menenangkan diri atau pengusir stress atau sekedar mengatur nafas meskipun pada prakteknya meditasi sangat dekat dengan mengatur ritme nafas dalam menarik dan mengehmbus nafas dengan perlahan dan halus serta memfokuskan fikiran sepenuhnya pada penenangan ritme jantung.

 

Itzhak Bentow meneliti efek meditasi menggunakan sebuah alat perekam bernama ballistocardiograph mendapatkan hasil dimana meditasi mampu mengaktifkan gelombang gelombang saraf pada otak, dari hasil peningkatan gelombang otak itu sendiri akan mengakibatkan koordinasi hemisfer kanan dan kiri otak. Dengan kondisi yang seimbang tersebut maka sistem kontrol saraf otonom akan bekerja dengan baik dan secara berkelanjutan akan memperbaiki fungsi jantung, temperatur tubuh, aliran darah serta jaraingan dan fungsi fungsi organ tubuh lainya jika meditasi dilakukan secara rutin.

Dibeberapa negara maju semisal Amerika atau Eropa dan beberapa negara lain telah menjadikan meditasi sebagai upaya tersendiri dalam pengobatan medis, sebab menurut beberapa penelitian mampu membantu penanganan dalam beberapa kasus penyakit organ dalam semisal jantung kororner, darah tinggi, rematik, alergi, asma, depresi, kecemasan serta berbagai penyakit lainya.
Sedangkan jika kita ingin melakukan meditasi yang baik untuk kesehatan maka mataketiga akan menuliskan salah satu cara meditasi untuk orang umum, Nah daripada anda bertanya tanya bagaimana caranya melakukan meditasi untuk kesehatan maka marilah kita simak tatacara melakukan meditasi.

manfaat meditasi dan caranya tahapan pertama yang harus dilakukan

a. Temukan tempat yang tenang dan kondusif agar nantinya proses meditasi tidak terganggu dari siapa saja semisal anak anak, suara televisi yang sangat kencang atau gangguan gangguan dari binatang binatang peliharan. Tidaklah sulit mencari lokasi tersebut sebab bisa mendapatkan ketenangan dalam kamar pribadi atau kebun belakang rumah dan jika berada diluar ruangan maka sebaiknya memakai obat anti serangga juga atau nyalakan (pakai) wewangian, sebab wewangian mengusir serangga dan menambah ketenangan.

b. Gunakanlah alas lantai terlebih jika kondisi ruangan dingin atau tanah langsung, alas lantai ini bisa dengan tikar, busa atau bantal tipis dan usahakan tidak memakai kursi atau dengan sesuatu yang ada tempat bersandar punggung.
Namun jika mempunyai kondisi khusus semisal gangguan diarea kaki atau punggung maka bisa dengan memakai kursi, namun usahakanlah agar tidak bersandar dan kondisi tubuh tetap tegak dan senyaman mungkin atau setelah dirasa mampu untuk tidak memakai kursi maka bisa dimulai dengan memakai alas busa yang empuk untuk bersila atau selonjor.

c. Kenakanlah pakaian dengan bahan kain yang nyaman smeisal katun atau pakaian yang tidak kaku atau menekan tubuh semisal jeans, kaus ketat dan sejenisnya dan lebih bagus lagi jika pakaian tersebut longgar dan ringan serta wangi tentunya.

d. Sebelum melakukan meditasi maka bisa dengan menenangkan diri terlebih dahulu dengan minum kopi atau teh hangat untuk membantu penenangan diri terutama bagi pemula, namun pada tahap selanjutnya jika sudah terbiasa maka ketenangan tidak harus diraih dengan cara minum kopi atau hal yang bersifat ketergantungan jadi tahap D hanya khusus bagi pemula atau yang kesulitan menemukan ketenagan.

Nah anda telah mengerti persiapan awal dalam melakukan meditasi dan sebagai tambahan ada baiknya meditasi dilakukan pada jam jam yang sama untuk melatih keteraturan dahulu, dan bagi pemula ada baiknya menyalakan alarm ponsel atau jam weker minimal 05-10 menit setiap meditasi dan setelah terbiasa maka dinaikan waktunya hingga tidak lagi memerlukan alarm karena tubuh akan mempunyai waktu tersendiri nantinya. – Manfaat meditasi dan caranya bersambung ke halaman 2

Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 205 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

1 Trackback / Pingback

  1. Meditasi dan Doa Adalah Sesuatu Yang Berbeda dalam prakteknya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*