Manfaat meditasi dan caranya

manfaat meditasi bagi pekerja berat
Manfaat meditasi dan caranya

Manfaat meditasi dan caranya

Nah kini kita akan dituliskan tentang tatacara melakukan meditasi setelah persiapan awal tadi sudah dipersiapkan dengan baik, maka inilah langkah langkah secara detailnya :

1. Pilihlah pose tubuh yang senyaman mungkin jadi disini anda diperbolehkan untuk bersila seperti meditasi pada umumnya atau dengan meluruskan kaki kedepan (selonjor) dan usahakan posisi punggung tegak dan jangan membungkuk, miring kanan atau kiri atau bersandar lalu mulailah atur tubuh serileks mungkin, nafas teratur dan mulai pejamkan mata perlahan.
Bagi yang sulit rileks pada latihan awal maka ada tips sebagai berikut, mulailah melihat ujung hidung dan atur nafas sehalus mungkin, tarik nafas perlahan dan hembuskan perlahan serta fokuslah dalam pernafasan tersebut dan ketika sudah terasa nyaman maka mata bisa dipejamkan pelan pelan.

2. Jangan membingungkan masalah posisi jari jari sebab sering kita melihat orang meditasi dengan posisi posisi jari dan tangan yang berbea beda, jangan risaukan posisi posisi tersebut. Tempatkan lengan anda serileks mungkin dan tumpangkan telapak tangan pada paha, atau diatas dengkul atau posisi apapun yang mampu membuat anda semakin tenang dan mampu berkonstrasi pada nafas.

3. Jika anda sudah mampu berkonstrasi pada nafas maka tubuh anda akan semakin rleks dan jika kepala anda terasa ingin menunduk maka dekatkanlah dagu ke dada serileks mungkin dan jika dada mengembang saat menarik nafas dan mengempis saat melepas nafas maka biarkanlah itu menjadi sebuah ritme tersendiri dalam menuju ketenangan yang lebih dalam.

4. Bernafaslah dengan menutup mulut usahakan jangan menguap atau melepas, menarik nafas dengan mulut, posisi ini tidak harus mengatupkan rahang kencang kencang namun tutup saja mulut atau bibir agar tidak ikut menarik dan menghembus nafas.

5. Pikiran adalah sebuah keajaiban sebab ia sangat liar yang mampu memunculkan pemikiran pemikiran, gambaran gamabran acak setiap kita diam namun mampu diarahkan dengan cepat jika sudah terbiasa, maka fokuskan pikiran kepada setiap tarikan dan hembusan nafas dan biarkan pikiran pikiran tentang segala macam kehidupan sirna perlahan lahan dengan sendirinya.
Setelah terbiasa dan pikiran tidak mendominasi maka alur nafas tersebut maka mulailah merasakan setiap pergerakan tubuh yang tercipta, namun jangan dipikirkan atau dinilai akan tetapi rasakan saja apa yang terjadi pada nafas, tubuh anda sendiri.

6. Ketika anda mulai masuk peda ketenangan yang lebih dalam maka pikiran akan kembali membuat sesuatu yang lain, seolah olah anda akan dibawa pada tempat tempat asing, pikiran pikiran muncul kembali begitu saja secara liar baik tentang keresahan, sakit hati dan pekerjaan serta hal lainya. Jangan mencoba mengabaikanya cukup dengan membiarkan semua pikiran itu muncul, hilang, muncul, hilang hingga semua kembali tenang dan jernih lagi.

Namun jika anda ragu maka bisa dengan kembali pada fokus nafas atau mulai dengan merasakan sensasi sensasi yang lahir dalam ketenangan tersebut, maka itu mampu meredakan pikiran pikiran liar yang muncul meskipun dalam prakteknya suatu ketika tidak disarankan untuk menghindari pikiran liar tersebut dan anda harus mulai bisa merasakan dan membiarkanya secara natural.

 

Nah itulah manfaat meditasi dan caranya untuk orang umum dan bermanfaat bagi kesehatan dan bagi pemula kembali diingatkan alangkah baiknya memasang alarm secara bertahap semisal pada minggu pertama pasang alarm 10 menit, lalu minggu kedua 15 menit dan seterusnya hingga 27 atau 30 menit. Setelah mampu meditasi 27 menit maka usahakanlah tidak memakai alarm dan biarkan tubuh memberitahu batasan meditasi dengan sendirinya.
Dan yang sangat sering terjadi bagi pemula adalah putus asa lalu menyalahkan diri sendiri saat mengalami kesulitan dalam latihan meditasi baik dalam segi fokus atau jadwal meditasi, itu hal wajar jangan salahkan diri atau menyerah sebab seorang ahli pun pernah menjadi pemula dan melakukan kesalahan dan ketidakmampuan makanya teruslah berlatih dan jangan menyerah.

Tips bisa menyalakan musik yang membantu penenangan dan bisa memakai wewangian semisal melati, mawar atau wewangian yang halus atau dengan membakar dupa aroma terapi, lilin aroma dan sejenisnya yang membantu rileks. Manfaat meditasi dan caranya

 

 

Advertisements
Bagikan artikel menarik ini
About mataketiga 191 Articles
seorang penggiat blog dan penyuka dunia spiritual yang mencurahkan pemikiran dalam blog, silahkan berkomentar dan jika ingin menyebarkan artikel ini dalam web atau blog pribadi harap sertakan link sumber yaitu mataketiga.com,.

1 Trackback / Pingback

  1. Meditasi dan Doa Adalah Sesuatu Yang Berbeda dalam prakteknya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*