Sedulur papat lima pancer dalam berbagai nama

Mengenal berbagai pemaknaan dan penamaan sedulur papat lima pancer

Sedulur papat lima pancer dalam berbagai nama | kakang kawah adi ari ari, tentunya kita sudah tidak asing dengan istilah itu terlebih bagi yang mempelajari keilmuan keilmuan kuno, meski sering mendengar atau membaca artikel dan pembabaran tentang itu semua kadang kita malah dibuat pusing dengan istilah istilah dan pemaknaan yang beda beda antara satu ilmu, budaya dengan yang lainya.

Sebenarnya ada berapa sih dan bagaimana memilah dan memahami pokok dari pemaknaan kakang kawah adi ari ari tersebut, tentunya jika ingin mengetahui jawabanya terlebih dahulu kita harus mengetahui ada berapa pemaknaan dan dari situ nantinya mampu untuk menarik kesimpulan dalam kesadaran diri sendiri.
Dalam kenyataanya semua itu terjadi dari pembauran budaya budaya yang saling memberikan masukan dan pengegseran makna atau nama, dan yang sebagai pelengkap artikel maka inilah beberapa versi pemaknaan sedulur papat tersebut :

Pemahaman sedulur papat lima pancer

kakang kawah adi ari ari, getih puser lima pancer

1. Sedulur tua yang disandangkan pada ketuban
Disebut tua dan paling pertama karena keluar terlebih dahulu sebelum bayi lahir ke dunia.

2. Sedulur enom/muda yang disandangkan sebagai ari ari
Disebut sebagai saudara enom karena lahir (muncul) setelah bayi lahir dan keluar dari rahim ibu.

3. Pembantu setia disandangkan sebagai darah
Disandangkan sebagai pembantu setia karena sellau ada semenjak masih menjadi cikal bakal janin hingga kelahiran sampai kematian.

4. Pemberi makan disandangkan kepada pusar
Disandangkan sebagai pusar karena merupakan penghubung antara janin dengan ibu, serta makanan dari sang ibu diambil melalui pusar untuk jabang bayinya.

5. Pancer disandangkan sebagai jabang bayi itu sendiri.