Sedulur papat lima pancer dalam berbagai nama

Ke4 sedulur tadi berada dalam tubuh dan kehidupan seorang pancer (jabang bayi/manusia) dan selalu menjadi penolong bagi kehidupanya, dan dengan masuknya Islam ke Jawa mana pemaknaan dan penamaan sedulur papat lima pancer mulai mendapatkan tambahan dan pergeseran sesuai nama nama malaikat utama sebagai sedulur papat

Sedulur papat menurut nama nama malaikat
1. jibril sebagai penerus Informasi dari Allah kepada manusia

2. Izrafil sebagai pembaca buku/kitab Allah untuk manusia

3. Mikail sebagai pembagi rejeki kepada manusia

4. Izrail sebagai penunggu berakhirnya kehidupan manusia

Dan setelahnya ada lagi pemaknaan dan penamaan yang lebih mendalam dan spesifik dimana sedulur papat dikaitkan dengan nafsu nafsu yang menyertai manusia, dan inilah yang sangat berkembang hingga sekarang yaitu:

Sedulur papat menurut jenis nafsu
1. Aluamah adalah nafsu yang menyebabkan keinginan keinginan dasar manusia semisal makan, minum, sandang, dan hubungan badan serta dilambangkan sebagai warna hitam.

2. Sufiyah adalah nafsu yang menyebabkan manusia mempunyai keinginan untuk dipuja puji, kekayaan serta pangkat dan derajat dan disimbolkan sebagai warna hijau.

3. Amarah adalah nafsu yang berkaitan dengan harga diri, emosi, egoisme dan semangat yang disimbolkan dengan warna merah.

4. Mutmainah adalah nafsu yang kaitanya dengan kebaikan dan keTuhanan atau spiritualisme yang disimbolkan dengan warna ungu.

5. Bashirah atau pancer dikatakan sebagai simbol mata hati.

Kesemua sifat nafsu tersebut harus bisa dikontrol dengan seimbang oleh pancer sebagai manusia yang utuh dan sadar dengan apa yang diperbuat, ditanyakan dan dipikirkan sebab semua itu menyangkut sbeuah keadaan eksadaran spiritual yang tinggi dan bisa dikatakan menjadi manusia yang utuh karena tidak terdominasi oleh salah satu sifat secara berlebihan.