Fenomena seram makam mengeluarkan darah

kejadian menyeramkan ketika makam mengeluarkan darah

 

Fenomena seram makam mengeluarkan darah | Makam yang mengeluarkan air berwarna merah semerah darah akhir akhir ini membuat heboh warga sekitar serta menjadi viral di internet dengan sangat cepat, bagaimana tidak ini adalah sebuah kejadian langka dan nyata dimana sebuah makam secara tiba tiba mengeluarkan air yang berwarna merah dan diyakini sebagai darah.

Semua akan menjadi dikaitkan dengan hal hal gaib, religius serta sesuatu yang janggal dan menggugah rasa penasaran dan jawaban jawaban dari berbagai macam kalangan dan dari disiplin ilmu masing masing, ada yang jelas jelas percaya dan mengatakan itua dalah darah, ada yang berfikiran itu adalah darah dari jenazah jenazah, ada pula yang bersikap apatis dengan menganggap itua dalah pekerjaan iseng dari orang usil.
Namun menrut beberapa ahli dalam dunia sains mempunyai pandangan lain yang bisa menjawab kejadian aneh tersebut meksipun masihs ebatas kemungkinan, seperti yang tertulis dalam berita ini yang menjadi rujukan artikel ini.

 

Fenomena seram makam mengeluarkan darah

Jakarta – Sebuah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bukit Damai Sentosa Sungainangka, Balikpapan, Kalimantan Timur membuat geger warga. Makam tersebut mengeluarkan cairan darah. Benarkah?

Pakar Ilmu Tanah Universitas Hasanuddin, Rismaneswati, menjelaskan, kabar makam mengeluarkan darah itu tidak benar. Dia mengatakan, mungkin saja makam itu mengeluarkan air warna merah tapi bukan darah seperti yang dianggap orang.
“Tidak mungkin ada hal-hal seperti itu, orang meninggal saja darahnya tidak ada,” ucap Risma saat diwawancara detikcom, Selasa (10/10/2017).

Risma mengatakan, bisa jadi tanah di lokasi tersebut mengandung zat besi yang sangat tinggi. Dia mengatakan, jika tanah mengandung zat besi tinggi bisa jadi tanah itu mengeluarkan air berwarna merah karena ada kandungan zat besi.

“Mungkin warna kemerahan bisa berasal dari zat logam atau besi. Jadi tanah berwarna kemerahan itu karena kandungan besi cukup tinggi maka ada proses pencucian dan air yang mengalir airnya berwarna merah,” ucap Risma. Dia juga menerangkan, dalam tanah banyak sekali unsur senyawa-senyawa. Bukan hal aneh jika tanah mengeluarkan warna seperti merah atau kuning.

“Seperti tanah yang banyak kandungan sulfat atau belerang, itu kan bisa warnanya jadi kuning,” tuturnya. Hebohnya makam di Balikpapan tersebut membuat orang berdatangan. Dari sejumlah postingan di media sosial, terlihat makam itu mengeluarkan cairan merah seperti darah. Jenazah yang berada di makam tersebut baru saja dimakamkan pada 15 September 2017 lalu.¬†¬†Fenomena langka makam mengeluarkan darah

(rvk/yld) sumber detik.com

 

Fenomena seram makam mengeluarkan darah

Dan ternyata setelah mata ketiga mencari artikel pendukung statement ahli tersebut memang ada dan sudah banyak ditulis dalam artikel artikel dalam website yang khusus membahas tentang ilmu pengetahuan (sains), sebab memang dalam ilmu pertanahan ada sebab sebab yang bisa mengakibatkan air tanah menjadi berwarna merah tua atau merah kekuningan. Warna kekuningan akan muncul jika air tercemar chromium dan materi organik. Jika air berwarna merah kekuningan, itu menandakan adanya cemaran besi. Sementara pengotor berupa lumpur akan memberi warna merah kecoklatan. -sumber artikel bermutu.com

Semoga berita ini bisa menjadi pengetahuan baru dan menguak bahwa banyak fenomena alam lain yang bisa dijelaskan dengan sains akan tetapi tidak pula semua bisa dijelaskan dengan sains, sebab ada kalanya gaib tetaplah gaib dan tidak terjamah oleh ilmu pengetahuan alam (sains) kecuali anda merasakanya sendiri. Fenomena seram makam mengeluarkan darah