Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Tradisi leluhur yang masih terjaga hingga sekarang

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur | Tak dipungkiri bahwa dengan banyakanya pulau dan suku suku di Indonesia ini juga menyuguhkan banyak sekali tradisi tradisi yang unik dan mempunyai ciri khas masing masing, mulai dari yang berbau kesenian, bangunan, bahasa hingga hal hal yang bersentuhan dengan dunia mistik seperti yang diunggah dalam forum kaskus yang menuliskan tentang tradisi Ritual Keboan Banyuwangi ini.

 

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Bukan Banyuwangi namanya kalo tidak punya tradisi adat dan budaya yang beraneka ragam, salah satu tradisi yang masih terjaga dan terlaksana sampai saat ini adalah “Ritual Keboan”

Pada hari Minggu 24 September 2017 lalu, saya bersama jajaran pengurus Ikawangi Dewata – Bali berkesempatan berkunjung ke Dusun Sukodono, Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi untuk menghadiri undangan dan menyaksikan secara langsung acara “Ritual Keboan”.

apa tujuan upacara adat kebo keboan

Menurut mbah Suyit salah satu tokoh masyarakat setempat, Ritual Keboan dilakukan setiap tahun, tepatnya setiap awal tahun Hijriah di bulan Muharram atau bulan Suro menurut kalender Jawa untuk mengawali musim bercocok tanam dan bentuk syukur atas hasil panen yang berlimpah di tahun sebelumnya, dengan harapan agar ditahun mendatang diberi keselamatan, hasil panen yang melimpah serta untuk tolak bala agar tanaman warga dijauhkan dari hama dan penyakit. Malam hari sebelum Ritual Keboan ada tradisi SONJO, sonjo (bhs using) artinya berkunjung. Warga saling berkunjung/silaturahmi ke tetangga, ngobrol santai sembari menikmati kopi dan kudapan khas Aliyan. Yang unik dari Sonjo di Aliyan adalah cara penyajian kopi, kopi disajikan tanpa gelas. Kopi ditaruh dalam teko dan disebelah disediakan tumpukan lepek, tamu yang ingin menikmati kopi langsung menuangkan kopi ke atas lepek.
Pagi hari sebelum Ritual Keboan dimulai seluruh warga Ds Aliyan mengelar selamatan kampung dengan Doa serta makan bersama disepanjang jalan kampung yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat di Masjid melalui pengeras suara agar bisa didengar dan diaminkan oleh seluruh warga.

Tidak berselang lama setelah doa bersama usai, satu persatu warga yang “terpilih” mendadak kesurupan, mereka bertingkah layaknya kerbau dan meronta liar setiap kali melihat kubangan air dan dilanjutkan dengan prosesi ider bumi. Para warga desa yang sudah ‘jadi’ lalu diajak keliling desa mengikuti empat penjuru mata angin.

Saat berkeliling desa inilah para ‘kerbau’ itu melakukan ritual layaknya siklus bercocok tanam, mulai dari membajak sawah, mengairi hingga menabur benih padi. Kerbau jadi-jadian ini dikawal oleh beberapa orang kerabat untuk menjaga dan menyiram wajah ‘kerbau’ agar matanya tidak kemasukan tanah pada saat berkubang dalam lumpur.
Menurut informasi warga setempat, di Desa Aliyan ini ada dua dusun yang turun temurun mempertahankan tradisi Keboan, yakni Dusun Sukodono dan Dusun Aliyan. Meski proses ritualnya sama dan dilakukan pada hari yang sama , namun kedua dusun ini tidak bisa melakukan proses secara bersamaan. Sebab jika Keboan didua dusun ini saling bertemu maka akan saling serang.

 

Ritual Keboan adalah kearifan lokal masyarakat Desa Aliyan yang masih terjaga dan dilestarikan hingga saat ini.
Sejak tahun 2014 ritual Keboan juga sudah masuk dalam agenda Banyuwangi Festival yang merupakan agenda pariwisata daerah yang berisi ragam kegiatan acara wisata. Dengan cara ini Pemkab Banyuwangi terus bisa mengawal pelestarian budaya dan tradisi asli masyarakat agar dikenal dan menjadi penarik wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi. Sebagai informasi tambahan, selain di Desa Aliyan Kecamatan Rogojampi, ritual adat Keboan / Kebo-keboan juga dilakukan oleh masyarakat Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi.

Sumber+foto – Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur

Sekian artikel dan terimakasih atas ijin memposting ulang dari forum kaskus the lounge terlampir dan tentunya juga kepada penulis (jack item), semoga memberikan wawasan tentang betapa kaya dan uniknya budaya, tradisi dan keindahan Indonesia ini, terimakasih dan jika ada salah salah kata atau ada yang ingin ditanyakan bisa email saja ke thejalak@gmail.com.

Ritual Keboan dari Banyuwangi Jawa Timur