Misteri Sprite, Peri Dalam Dunia Supranatural

2
205
views

Peri Dalam Dunia Supranatural

Faerie

peri dalam dunia supranatural
ilustrasi faery

Dikenal pertama kali pada sekitar 17C yang merujuk pada “pesona sihir” sebagai mahluk supranatural yang mempunyai sayap sayap kecil dipunggungnya, dikatakan kosakata faerie adalah dari bahasa latin “fata” yang berarti takdir dan merujuk pada hal hal gaib, tak kasat mata.
-faery / fae / fairy / fay

Leprechaun

peri dalam dunia supranatural
ilustrasi leprechaun

Tokoh legenda dari celtic terlebih pada pengetahuan dari Irlandia menggambarkanya sebagai lelaki tua yang akan akan mengungkap tentang guci emas bagi siapa saja yang bisa menangkapnya, dikenal semenjak 1630Ad.

Pixie

peri dalam dunia supranatural
ilustrasi pixie

Dikenal pertama pada 1630AD asal usulnya lebih dekat dengan kosakata dari Swedia psyke yang mempunyai arti “peri kecil” meskipun sumber pertama kali bukan dari Swedia namun dalam tradisi lisan celtic yang merujuk pada seuah keadaan “kebingungan”, pixie path adalah dimana seseorang dipimpin oleh kebingungan atau disesatkan “oleh sosok supranatural yang merujuk kesamaan pada peri”.

Sprite

peri dalam dunia supranatural
ilustrasi sprite

Dikenal pertama kali pada sekitar tahun 1300 dari kosakata esprite yang berarti “roh” berasal dari kosakata Prancis kuno dan spiritus dari kosakata Latin, digambarkan sebagai sosok mahluk yang serupa elf namun lebih gesit penuh cahaya dan sering muncul disekitar mata air dan elemen air lainya.

Itulah beberapa jenis peri yang tercatat dalam literatur literatur meski mungkin masih ada lebih banyak jenis jenis peri dengan berbagai sifat dan keunikanya, sedang di Indonesia sendiri akdang peri disamakan dengan kuntilanak meskipun berbeda sama sekali..

 

Sejarah Singkat Peri

Sejarah dan legenda peri berdasar pada cerita rakyat tentang salah satu wujud mahluk gaib berwujud manusia kecil dan memiliki kekuatan gaib dan sering bersinggungan dan membantu manusia, tak kurang ada 1000 jenis peri pada banyak legenda seluruh dunia dan hampir seluruh budaya mengenal tentang interaksi manusia dengan mahluk gaib yang bersifat baik membantu.

Penggambaran awal yang dapat dikenal adalah dalam lukisan lukisan Etruscan pada sekitar tahun 600 SM, dimana lukisannya menampilkan wujud wujud manusia kecil dengan sayap dimana orang orang menyebutnya lasa, sedang legenda celtic sendiri sebelumnya tidak mengenal adalanya lasa/faerie/fae ini hingga budaya dan tradisi mereka terpengaruh oleh Etruscan.

Sedangkan nama peri di Indonesia sangat dimungkinkan ketika masuknya para pedagang dari portugis atau negara negara barat yang berkomunikasi dan berbagi cerita tentang mahluk supranatural, sayangnya karena terjadi distorsi atau pembelokan pembelokan pemahaman akhirnya peri sering disamakan dengan kuntilanak atau hantu wanita yang cantik.

Menggunakan Kekuatan Para Peri

peri dalam dunia suptranatural
peri dalam dunia supranatural

Dalam beberapa kepercayaan menyebutkan bahwa manusia dapat menggunakan kekuatan peri untuk berbagai kepentingan baik dari kalangan peri hutan, peri air, peri api dan jenis jenis peri lain, mereka memanggil peri dengan cara berkelompok dan melafalkan mantra mantra dalam bahasa tradisional daerah mereka.

Salah satu cara yang sering dilakukan adlaah denganmeditasi dengan iringan musik yang tenang dan lembut sembari membuat perisai diri (perisai gaib) untuk mencegah jika ternyata yang datang dari kalangan peri jahat, lalu setelah dirasa siap mereka akan mulai membaca mantra atau menyapa peri dalam bahasa bahasa tradisionalnya untuk memanggil peri disekitarnya.

Inilah contoh sapaan untuk memanggil peri :
“Faeries bright in faerie light, please help guide my sight, to find the answers inside tonight”
Artinya kurang lebih adalah peri terang, peri cahaya, berikanlah petunjuk dalam padnganku, yang biasa digunakan dalam pemanggilan peri yang bertujuan untuk mencari jawaban jawaban, baik jawaban dalam masalah kehidupan ataupun supranatural.

Wujud dan sejarah sundel bolong

Namun pemanggilan peri dan meminta bantuan peri tidak mataketiga sertakan lengkap tacara, mantra dan persembahan apa yang harus dibawa, sebab artikel ini ditujukan sebagai pengetahuan saja tentang misteri sprite, peri, faeri, fairy yang tentunya masuk dalam tradisi ilmu ilmu supranatural. jalak paningal | Peri Dalam Dunia Supranatural

2 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum mata ketiga dirumah aku di jombang ada sejenis jin penunggu kata ibu dulu sering mengganggu org di rumah kadang jg tamu yg sedang menginap di rumah, konon kakek sy berucap bahwa rumah yg sekarang di tempatin bpk sy ada makhluk astralnya kakek sy org yang memiliki indra ke 6 menyarankan agar di lahan itu ditempati bpk sy krn selain bpk sy tdk ada yang akan snggup menempati lahan itu untuk di bangun rumah, kakek sy dulu orang yg suka memindahkan jin dari satu tempat ke tempat lain utk di buang jk dirasa menganggu. Tp knp kekek sy tdk membuang jin yg ada dirumah sy apa kekuatan megic nya dia lebih kuat sehingga kakek tdk mampu mengusirnya, krn sewaktu aku kecil sering di gangguin makhluk astral itu di takut2in dan dia tampak telanjang tak berpakaian seingat sy seperti itu waktu sy kecil, dan sekarang rumah sy pun ada keanehan sebelah kanan di bagian belakang rumah ambles cukup parah sy tidak tau penyebabx mgkn bekas galian atau apa, sy bertanya ke teman yg meiliki indra ke 6 katanya ruang bawah tanah ambles gt doank jwbx sy jadi bertanya2 hingga saat ini tolong beri pencerahan teeimakasih

    • mungkin dulu ada bekas sumur atau mata air mas, coba dihalaman rumah jika ada tanah agak luas ditanami pohon kelor atau kunyit/kunir atau bangle jika ada..
      tentu juga dengan disertai doa agar jin tidak menganggu..

silahkan berkomentar atau bertanya jawab dengan sopan dan santun